Assalamualaikum wr. wb.
Terimakasih atas kunjungan saudara. Blok ini hanyalah sarana perkenalan kami kepada saudara dimanapun berada. Kami berharap perkenalan ini dapat memberikan manfaat kepada kita. Kami juga berharap kerjasamanya demi kemajuan bersama.
Sekian perkenalan Kami dan terimakasih.
Wassalamu'alaikum wr.wb.

PROFIL DUSUN

DIRI, ini merupakan sebuah dusun kecil yang terletak di wilayah Desa Ngadirejo Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Letaknya agak di pelosok, jarak dari jalan raya sekitar 1 km. Baik itu jalan arah Salaman – Magelang maupun Salaman Borobudur.  Letak desa yang dikelilingi sungai Caren dan Tangsi ini berbatasan langsung dengan Dusun Kedunglumpang Desa Salaman. Historisnya kedua dusun tersebut masih berkerabat dekat.
Masyarakat Dusun Diri yang memiliki 95 KK (2013) ini  merupakan masyarakat yang jauh dari hiruk-pikuknya kota.  Nilai-nilai religi sangat kental dipegang.  Nilai-nilai budaya pun masih dipertahankan seperti kerjabakti, tasyakuran bersama, membangun sarana umum dengan gotong royong, dan lain sebagainya. Semua hajatan baik  yang bersifat pribadi maupun masyarakat selalu ditanggung dan dikerjakan bersama.
Ibu-ibu juga tidak ketinggalan. Satu bulan sekali selalu mengadakan pertemuan bersama dalam organisasi PKK untuk membahas kemajuan kampung.  Aneka kegiatan menjadi agenda rutin kegiatan setiap tahunnya. Ibu-ibu PKK selalu bersinergi dengan semua elemen masyarakat dalam membangun kampung. Berbagai prestasi sempat disandangnya. Hal ini dapat dibuktikan dan dilihat di pemerintahan desa bahkan sampai kabupaten.
Para Pemudanya juga sangat berperan dalam membangun kampung melalui Organisasi Karang Taruna Gema Manunggal.  Organisasi yang berdiri sekitar tahun 1995 Ini juga sarat dengan berbagai kegiatan. Baik itu yang merupakan kegiatan rutin tahunan maupun kegiatan yang bersifat insidental. Karang taruna juga selalu bersinergi dengan elemen masyarakat lain.
Karena Kampung  Diri berada di pelosok desa maka pertanian merupakan mata pencaharian utama warga. Baik itu pertanian tanaman pangan maupun pertanian tanaman keras. Bahkan sebagian warga ada yang menanam bibit tanaman keras seperti sengon, jati, alpokat, albasia dan lain-lain yang hasil panennya sudah menyebar dibawa ke luar daerah.
Selain pertanian masih banyak jenis usaha atau pekerjaan  warga Dusun Diri, diantaranya adalah tukang kayu, tukang batu, peternakan, kerajinan batu bata, usaha pengelasan, pembuatan makanan ringan, pedagang,PNS , dan sebagainya. Semua jenis pekerjaan tersebut menyatu membentuk sebuah komunitas masyarakat majemuk yang saling toleransi satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar